Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang tokohnya para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Mitos pada umumnya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas binatang, bentuk topografi, petualangan para dewa, kisah percintaan mereka dan sebagainya. Mitos itu sendiri, ada yang berasal dari indonesia dan ada juga yang berasal dari luar negeri. Ada beberapa pengertian mitos yang diungkapkan oleh para sejarawan. Dari beberapa pengertian itu dapat disimpulkan bahwa : Mitos adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kayangan) dan dianggap benar – benar terjadi oleh empunya cerita atau penganutnya. Mitos pada umumnya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas binatang, bentuk topografi, petualangan para dewa, kisah percintaan mereka dan sebagainya.
hal lain yang bisa dikaji secara filsafati adalah mitos. Jika zaman Yunani punya mitos, maka kita juga mempunyai mitos. Mitos yang ada tidak selamanya bersifat negatif. Mitos bisa saja bermanfaat. Karena anak kecil belajarnya bukan memakai pehamana tetapi melakukan apa-apa yang tidak dimengerti, itulah yang dinamakan mitos. Kita dalam kehidupan kadang juga melakukan seperti hal itu. Tetapi sebagai mahasiswa akan menjadi hal yang lucu jika tidak mengetahui manfaat dan tujuan melakukan sesuatu. Mitos sejalan dengan intuisi, anak kecil 90% belajar dengan menggunakan intuisi. Maka jika dianalogikan, produk merupakan mitos, sedangkan proses merupakan intuisi. Bagaimana anak-anak memahami panjang, pendek, tinggi, redah, luas, sempit, dan lain-lain itu menggunakan intuisi. Intuisi diperoleh dari interaksi dengan lingkungan sekitar, komunikasi dengan keluarga, teman, dan seterusnya. Contoh intuisi yaitu: kapan kita mngetahui konsep cantik atau tampan? Hal tersebut tergantung dari keterbukaan keluarga, keterbukaan lingkungan, dan seterusnya. Bahkan seorang anak kecil umur 11 bulan bisa mendefinisikan apa itu cantik dengan komunikasi bahasa dan interaksi.
Kalau di Yunani ada mitos bahwa pelangi sebagai jembatan para bidadari untuk turun ke bumi, maka kita juga punya mitos bahwa di laut selatan ada kerajaan Nyai Roro Kidul. Karena sangat kuatnya mitos sehingga orang-orang tidak berani memikirkannya. Mitos lain menyebutkan jika akan pergi ke pantai jangan memakai baju berwarna hijau karena merupakan warna kesukaan Nyai Roro Kidul. Segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada mempunyai dua sisi, yaitu memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihan akan adanya mitos laut selatan yaitu orang-orang menjadi santun dan tidak sembarangan terhadap laut selatan sehingga laut selatan terjaga kelestariannya, orang-orang menjadi segan. Kita juga bisa membuat sebuah mitos pada level kecil, misalnya ada pohon mangga yang berjarak 500 m dari rumah sehingga control terhadap buah mangga menjadi berkurang, jadi buahnya sering habis dicuri anak-anak. Maka pada suatu sore sebelum magrip kita bisa berlari-lari ke rumah sambil berteriak hantu, lalu tersiar kabar di kampung bahwa pohon mangga tersebut ada hantunya, sehingga mangganya utuh dan tidak dicuri. Artinya mitos adalah pengetahuan yang diberi motif tertentu. Seorang raja juga butuh mitos untuk mengarahkan rakyatnya dan membuat pengetahuan-pengetahuan. Selain itu, orang Jawa memang memiliki banyak mitos lain, yaitu: tidak boleh duduk di ambang pintu karena takutnya tidak mendapat jodoh; menyapu harus bersih supaya suaminya tidak berjenggot; mencari jodoh tidak boleh yang rumahnya arah timur laut; tidak boleh tidur dengan kepala di utara; pada bulan suro tidak boleh mengadakan pesta; dan lain sebagainya.Jika kita tidak mampu mengerti tenang hal yang kita lakukan berarti itu adalah mitos. Tetapi mitos bagi orang lain bisa merupakan ilmu.
Tebersit juga sebuah tanya bagaimana percaya pada nabi padahal sudah meninggal? Untuk mengenal nabi secara pikiran bisa dari kitab suci, guru agama, buku agama, dan lain-lain. Setiap zaman ada guru spiritual yang mampu membimbing dunia sampai akhirat. Sebenarnya ketika sedang pergi, berperang, mandi, berdiskusi, mengadakan rapat tidak lain tidak bukan bahwa sedang memandang wajah nabi. Dengan mengintensifkan dan mengolah hati, wajah nabi sebenarnya dipandang bukan melalui mata, dipikirkan bukan dengan pikran, tetapi melalui hati.
Supaya seimbang antara pikiran dan hati bisa bertanya pada ustad, kyai, room, pendeta, tokoh agama, dan lain-lain. Karena dalam hidup ini seyogyanya ada keseimbangan antara pikiran dan hati. Jika hanya pikiran saja yang digunakan, maka lama-lama hati kita akan menjadi tumpul dan tidak peka lagi terhadap sesama kita. Jika kita hanya menggunakan hati, maka pikiran kita pun akan menjadi tumpul, sehingga logika tak berjalan semestinya. Hidup kita adalah antara vital dan fatal. Kuburan adalah tempat roh-roh, sehingga tidak selayaknya berbuat aneh-aneh di kuburan, tetapi harus sopan, mengucap salam, dan lain-lain. Hidup ini juga antara takdir dan nasib. Walaupun kita berusaha, tetapi kita tidak pernah tahu misteri apa yang akan terjadi. Menurut Imannuel Kant namanya adalah pnaumena, sesuatu yang tidak bisa dipirkan, hanya ilmu titen. Secara ontologis, kita punya ciri-ciri, ilmu titen bisa benar bisa juga tidak benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar